5+ Tujuan CSR yang Harus Perusahaan Ketahui

5+ Tujuan CSR yang Harus Perusahaan Ketahui

15 Dec 2023

5+ Tujuan CSR yang Harus Perusahaan Ketahui

Corporate Social Responsibility atau CSR tidak hanya tentang menyalurkan dana untuk masyarakat sebagai bentuk pelaksanaan kewajiban. Nyatanya, ada banyak sekali manfaat CSR bagi perusahaan baik itu kaitannya dengan brand image, investor, hingga loyalitas konsumen.

Nah, berikut ini tujuan CSR yang perlu perusahaan Anda ketahui agar membawa manfaat bagi masyarakat dan juga perusahaan!  

Mengapa Perusahaan Wajib Melakukan CSR?

Kewajiban CSR bagi perusahaan tertulis dalam Pasal 74 Ayat (1) UU PT No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas yang menyatakan bahwa perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang dan atau berkaitan dengan sumber daya alam wajib melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan. 

Terlepas dari kewajiban yang sudah ditetapkan, CSR merupakan ajang untuk melakukan aksi nyata dan menyalurkan niat baik perusahaan untuk masyarakat dan lingkungan. Melalui dana yang sudah dianggarkan, perusahaan dapat menyalurkannya dalam bentuk program hingga aktivitas yang berdampak baik dan berkelanjutan. 

Namun tahukah Anda, bahwa program CSR bukan semata-mata tentang menjalankan kewajiban loh! Sebab, ada banyak manfaat CSR yang bisa perusahaan Anda dapatkan. Apa saja? Simak artikel lengkap berikut ini!

Baca juga: Pentingnya Program CSR, Mengapa Perusahaan Harus Melakukannya?

5 Tujuan CSR bagi Perusahaan!

Pelaksanaan program CSR yang baik dalam arti tepat sasaran, berdampak, dan berkelanjutan tidak hanya memberikan keuntungan bagi masyarakat tetapi juga perusahaan. Salah satu manfaat CSR yang akan perusahaan terima salah satunya mendapatkan citra dan nama baik. Sementara citra dan brand image yang baik sama dengan penjualan dan keuntungan perusahaan yang meningkat.

Berikut ini 5+ tujuan CSR dan manfaat CSR yang perusahaan Anda dapatkan!

1. Meningkatkan Citra dan Nama Baik Perusahaan

Tahukah Anda bahwa hasil riset dari Roper Search Worldwide menyebutkan sebanyak 75% responden memberikan nilai positif/baik bagi perusahaan yang memberikan kontribusi nyata kepada suatu komunitas masyarakat. Jadi, jelas sudah bahwa pelaksanaan program CSR penting bagi suatu perusahaan.

2. Menjaga Hubungan Baik dengan Stakeholder Perusahaan

Apa itu stakeholder? Stakeholder didefinisikan sebagai sebuah organisasi, grup, maupun individu yang dapat dipengaruhi dan mempengaruhi tujuan organisasi tersebut. Lantas, apa hubungannya dengan CSR? 

Makin baik pengungkapan CSR yang dilakukan oleh perusahaan maka stakeholder akan semakin memberikan dukungan penuh kepada perusahaan atas segala aktivitasnya yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan mencapai laba yang diharapkan perusahaan.

3. Menarik Minat Investor Merupakan Salah Satu Tujuan CSR yang Krusial

Hasil publikasi dari Boston Consulting Group menunjukkan bahwa perusahaan yang memegang prinsip bisnis dengan mengedepankan Environmental, Social, and Governance (ESG) memiliki nilai valuasi yang lebih tinggi daripada kompetitor mereka. Sementara menurut Patten (1990) dalam Lindawati (2015) menyebutkan bahwa pengungkapan CSR dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi perusahaan dalam hal pendanaan. 

Jadi, jelas sudah bahwa keberhasilan program CSR suatu perusahaan memengaruhi cara pandang dan pengambilan keputusan investor.

4. Tujuan CSR Lingkungan Salah Satunya untuk Meningkatkan Green Brand Image

Brand image adalah persepsi dan keyakinan yang dipegang oleh konsumen atau sesuatu yang tertanam dalam ingatan konsumen. Lantas, mengapa green brand image penting? Faktanya, mayoritas konsumen muda kini makin peduli lingkungan khususnya di kalangan milenial dan Gen-Z.  Nah, salah satu cara untuk meningkatkan green brand image yaitu dengan melaksanakan program CSR lingkungan.

5. Membangun Loyalitas Customer

Menurut Nareeman dan Hassan (2013) dalam Sari (2017), mengungkapkan bahwa dampak CSR terhadap kepuasan pelanggan dan retensi menunjukkan bahwa CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Penelitian yang dilakukan Sari juga menemukan bahwa tanggapan pelanggan terhadap program CSR juga memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. 

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa 55 persen konsumen bersedia membayar lebih untuk produk dari perusahaan yang bertanggung jawab secara sosial. Pelanggan atau customer merasa bahwa mereka merasa senang menjadi bagian dari perusahaan yang memiliki visi dan kemauan untuk berbuat baik.

6. Faktanya, Orang Mau Membeli Produk atau Layanan dari Perusahaan yang Ramah Lingkungan

Survey yang dilakukan kepada konsumen di Amerika Serikat menunjukkan bahwa 36% dari mereka tertarik untuk berbelanja produk apparel yang ramah lingkungan. Mengingat, isu fast fashion kini banyak dibicarakan, maka kepedulian terhadap lingkungan oleh perusahaan atau brand fashion penting untuk diwujudkan. Salah satunya melalui CSR Lingkungan.

7. Tujuan CSR untuk Memperluas Market Pasar

Setiap perusahaan tentu berkeinginan untuk dikenali khalayak luas. Melalui program CSR, brand maupun produk perusahaan Anda bisa menjadi perhatian banyak orang yang mungkin belum pernah mendengarnya. Apalagi, jika pelaksanaan program CSR Anda berhasil dan berkelanjutan bisa saja mendapatkan liputan dan eksposure yang besar. Maka, jelas hal tersebut menjadi sarana promosi yang efektif!

Baca juga: Pelaksanaan CSR untuk Bantu Tingkatkan Status PROPER

Bagaimana Cara Menjalankan Program CSR yang Berdampak Baik dan Berkelanjutan?

LindungiHutan melalui CorporaTree menawarkan layanan CSR lingkungan dan sosial yang berdampak baik bagi alam, masyarakat, dan perusahaan itu sendiri. 

Kenapa perusahaan Anda harus percaya kepada LindungiHutan? Sebab kami:

  • Bermitra dengan 40+ kelompok petani bibit konservasi yang bergerak sebagai penghijau di lapangan untuk mempermudah proses penanaman.

  •  Pohon yang telah ditanam akan dirawat sehingga keberlanjutannya terjamin karena kelompok petani hutan yang menjadi mitra kami juga menjadi pengelola lokasi penghijauan.

  •  Perusahaan Anda tidak perlu repot mengurus berbagai kebutuhan untuk program yang akan dilakukan karena kami dan mitra penggerak penghijauan memastikan semua persiapannya.

  • Perusahaan yang bergabung sebagai CorporaTree akan mendapatkan halaman khusus Kampanye Alam untuk setiap program hijau yang dilakukan. Halaman kampanye tersebut dapat melibatkan lebih banyak orang untuk mendukung aksi lingkungan perusahaan.

Hingga saat ini LindungiHutan telah menjalin kerja sama dengan 456 brand dan perusahaan dalam rangka membantu aksi-aksi penghijauan dan pelestarian lingkungan mereka. Total, kami sukses menanam 673.282 pohon di 40+ lokasi penanaman di seluruh Indonesia yang menjalin kerja sama dengan kami.





Referensi dan rujukan yang digunakan dalam tulisan ini adalah:

Lindawati Ang Swat Lin dan Puspita Marsella Eka. 2015. “Corporate Social Responsibility: Implikasi Stakeholder dan Legitimacy Gap dalam Peningkatan Kinerja Perusahaan”. Dalam Jurnal Akuntansi Multiparadigma Vol. 6, No.1. Universitas Ma Chung. https://dx.doi.org/10.18202/jamal.2015.04.6013. 

Yiwen Zheng & Ting Chi (2014): Factors influencing purchase intention towards environmentally friendly apparel: an empirical study of US consumers, International Journal of Fashion Design, Technology and Education, DOI: 10.1080/17543266.2014.990059. https://dx.doi.org/10.1080/17543266.2014.990059 

https://blog.vantagecircle.com/foster-your-business-with-corporate-social-responsibility/

Jason Fernando. 2023. “Corporate Social Responsibility (CSR) Explained with Examples”. https://www.investopedia.com/terms/c/corp-social-responsibility.asp#toc-understanding-corporate-social-responsibility-csr. Diakses pada 25 Juli 2023. 

Anna Webber. 2023. “10 Business Benefits of Corporate Social Responsibility (CSR)” https://www.teambonding.com/10-business-benefits-of-corporate-social-responsibility/. Diakses pada 25 


Kategori

Lihat Cerita Lainnya

Ecolify.org For Future Worth Living
Ecolify.org For Future Worth Living Ecolify.org For Future Worth Living

Ecolify adalah platform yang memudahkan organisasi, instansi dan perusahaan untuk menjalankan projek sosial penanaman pohon secara transparan dan berkelanjutan.

Hubungi kami

email:
kartika[at]lindungihutan.com

wa / phone:
+62 813 2918 1389

location:
Jalan Lempongsari 1 No. 405, Semarang, Indonesia

legal info:
Keputusan MENKUMHAM NOMOR AHU-0003033.AHA.01.04.

Ikuti Kami

Ecolify.org For Future Worth Living     Ecolify.org For Future Worth Living     Ecolify.org For Future Worth Living

LindungiHutan c 2020 - made with conscience "for a future worth living"