Annual Report LindungiHutan 2023: Kilas Balik Setahun, Mengupayakan Dampak Baik Berkelanjutan

Annual Report LindungiHutan 2023: Kilas Balik Setahun, Mengupayakan Dampak Baik Berkelanjutan

1 Mar 2024

Annual Report LindungiHutan 2023: Kilas Balik Setahun, Mengupayakan Dampak Baik Berkelanjutan

LindungiHutan merilis annual report tahun 2023 yang dapat Anda unduh di sini! Laporan tersebut menjadi bukti transparansi kami atas komitmen dan aksi-aksi pelestarian lingkungan maupun konservasi hutan.

“Tahun berganti, komitmen kami tetap sama, Bersama Menghijaukan Indonesia, itu tentu saja membawa pertemuan kali ini, kesamaan pandangan bahwa aksi lingkungan adalah hal yang baik, membuat kita berpihak pada masa depan yang lebih lestari untuk kita dan anak cucu nanti,” Ujar Miftachur ‘Ben’ Robani, CEO LindungiHutan.

Lantas, apa yang LindungiHutan lakukan sepanjang tahun 2023?

LindungiHutan dalam Angka Sepanjang Tahun 2023

Sepanjang tahun 2023, LindungiHutan hadir untuk:

  • Mengumpulkan Rp5,857M donasi,
  • Mengajak 2.873 orang terlibat
  • Membantu terciptanya 358 Kampanye Alam
  • Bersama 5.347 Pendukung
  • 83 Mitra Hijau
  • 261 Penggalang
  • Dan 47 Penggerak
  • Di 50 lokasi penanaman
  • Dengan jumlah pohon terkumpul 181.176
  • Yang mana 167.725 pohon sudah tertanam.

 Baca juga: Platform Konservasi Hutan Itu Bernama LindungiHutan

Bersama LindungiHutan Wujudkan Dukungan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)

LindungiHutan percaya bahwa apa yang kami lakukan tidak bisa hanya berhenti di selesai. Apa yang kami lakukan haruslah berdampak dan yang tak kalah penting berkelanjutan. Sebagaimana pohon yang tidak boleh hanya berhenti pada “ditanam”, tetapi juga tentang bagaimana tumbuh kembangnya? Lantas, kepada siapa tumbuh kembang pohon membawa kebermanfaatan?

LindungiHutan mencatat beberapa kontribusi LindungiHutan dalam mencapai tujuan SDGs, antara lain:

1. SDGs 1

LindungiHutan bekerja sama dengan 34 kelompok tani hutan dengan total mencapai 746 orang.

2. SDGs 2

Sepanjang tahun 2023, kami memiliki 72 peserta magang alam dan mengedukasi tentang lingkungan kepada masyarakat umum melalui 8 platform media sosial (Instagram, Linkedin, YouTube, Tiktok, Blog, dan lainnya).

3. SDGs 8

LindungiHutan membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal sebanyak 23% melalui penyediaan lapangan kerja dengan total 507.984 jam kerja.

4. SDGs 9

Kami juga melakukan publikasi 49 penelitian atau riset ilmiah mengenai lokasi penghijauan hingga topik karbon.

5. SDGs 13

Perubahan iklim terjadi, kami memilih untuk mengantisipasi dampak dari fenomena tersebut dengan menanam 167.725 pohon untuk menyerap karbon sebesar 804 Kg CO2 eq.

6.SDGs 14

Dalam rangka mengupayakan ekosistem laut dan pesisir yang lestari serta berkelanjutan, LindungiHutan menanam sebanyak 161.607 mangrove jenis Rhizophora sp., 69 mangrove jenis Avicennia, dan 1.463 pohon cemara laut.

7. SDGs 15

Kami juga melakukan aksi penghijauan seluas 954.840,874 m2 dan memberikan manfaat tidak langsung kepada 4.600.000 orang dari seluruh lokasi penanaman. 

8. SDGs 17

Sepanjang tahun 2023, LindungiHutan bermitra bersama 15 lembaga pemerintahan salah satunya Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap, 24 perusahaan berkolaborasi dalam kegiatan CSR, dan 48 perusahaan berkolaborasi dalam program CollaboraTree.

Baca juga: Pentingnya Program CSR, Mengapa Perusahaan Harus Melakukannya?

Tahun 2023 Penuh Kolaborasi dan Inovasi untuk Masa Depan yang Lebih Hijau

Semua punya peran dan kontribusinya terhadap masa depan yang hijau. Untuk itu kami percaya bahwa kolaborasi adalah koentji! #BersamaMenghijaukanIndonesia, bukan sekadar slogan dan hashtag, sebab bersama pemerintah daerah, perusahaan, serta masyarakat lokal, kita berkolaborasi dalam berbagai inisiatif baru.

Tahun 2023 menjadi tahun di mana LindungiHutan menjalankan proyek karbon biru bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap dan Koperasi Jawa Wana Segara (JAWARA). Kami juga memulai inisiatif penanaman di beberapa kota tersebar di Indonesia dalam program Musim Penghijauan.

Tahun 2023 kami juga menghadirkan inovasi terbaru berupa API guna mempermudah brand dan perusahaan dalam mengakses informasi terkait kampanye penanaman pohon yang dilakukan. Selain itu, guna mendukung penanaman yang efektif, LindungiHutan meluncurkan halaman proyek di mana Mitra Hijau dapat berkolaborasi dalam program non-penanaman seperti pembangunan Alat Pemecah Ombak dan infrastruktur lainnya.

Tak ketinggalan, proyek voucher diskon untuk donatur dalam rangka mendukung upaya penanaman pohon juga turut mewarnai perjalanan LindungiHutan selama tahun 2023.

Unduh Annual Report LindungiHutan Tahun 2023 di Sini



Kategori

Lihat Cerita Lainnya

Ecolify.org For Future Worth Living
Ecolify.org For Future Worth Living Ecolify.org For Future Worth Living

Ecolify adalah platform yang memudahkan organisasi, instansi dan perusahaan untuk menjalankan projek sosial penanaman pohon secara transparan dan berkelanjutan.

Hubungi kami

email:
kartika[at]lindungihutan.com

wa / phone:
+62 813 2918 1389

location:
Jalan Lempongsari 1 No. 405, Semarang, Indonesia

legal info:
Keputusan MENKUMHAM NOMOR AHU-0003033.AHA.01.04.

Ikuti Kami

Ecolify.org For Future Worth Living     Ecolify.org For Future Worth Living     Ecolify.org For Future Worth Living

LindungiHutan c 2020 - made with conscience "for a future worth living"