Ide Tanam Pohon Untuk Rayakan Ulang Tahun Perusahaan

Ide Tanam Pohon Untuk Rayakan Ulang Tahun Perusahaan

1 May 2020

Ulang tahun perusahaan merupakan sebuah momen setahun sekali yang patut untuk dirayakan oleh seluruh elemen perusahan. Mulai dari manajemen, karyawan, maupun mitra perusahaan tersebut. Peningkatan umur sebuah perusahaan, merupakan pencapaian yang layak untuk diselebrasikan keberhasilannya karena tidak semua perusahaan berhasil mencapai umur baru di awal operasinya. Ada banyak ide perayaan ulang tahun perusahaan yang sering diadaptasi, mulai dari donor darah bersama PMI, buka puasa bersamaan dengan penyelenggaraan santunan untuk anak yatim, bersih sampah, company gathering, konser amal, hingga event olahraga tahunan. Seluruh ide perayaan ulang tahun perusahaan tersebut, digagas agar perayaan yang terjadi setahun sekali membekas di hati para undangan, serta menaikkan citra perusahaan. Ide perayaan ulang tahun perusahaan merupakan sebuah strategi yang harus dipikirkan matang-matang agar relasi perusahaan bertambah.

Baca Lainnya : 5 Ide Kreatif Rayakan Ulang Tahun Perusahaan

Akhir-akhir ini sudah banyak perusahaan yang memasukkan konsep tanam pohon dan rehabilitasi lingkungan ke dalam rencana selebrasi ulang tahun perusahaannya. Perusahaan-perusahaan tersebut paham akan kondisi alam yang memburuk, dan berusaha mengembalikan keoptimalan fungsi pohon di sebuah lahan. Tanam pohon bukan menjadi hal baru dalam upaya penyelenggaraan ulang tahun perusahaan, beberapa tahun belakang sudah mulai banyak perusahaan yang mengusung ide tanam pohon demi mengurangi dampak buruk kerusakan lingkungan.

Berbagai konsep tanam pohon diselenggarakan. Beberapa perusahaan bekerjasama dengan layanan konservasi lingkungan seperti Ecolify dan LindungiHutan. Beberapa perusahaan menyelenggarakan acara tanam pohon disertai konser amal untuk pelestarian lingkungan. Beberapa perusahaan menanam di sekitar pesisir Indonesia, beberapa pula menanam di perkebunan maupun sekitaran tempat wisata alam seperti air terjun. Perusahaan memiliki caranya masing-masing untuk meramaikan acara tanam pohon yang diselenggarakannya.

Manfaat Tanam Pohon sebagai Ide Merayakan Ulang Tahun Perusahaan

Tanam Pohon sebagai Ide Umur Baru Perusahaan
  • Perusahaan Dapat Turut Serta Melaksanakan Proyek Warisan yang Berguna Bagi Kelangsungan Hidup Manusia

Menanam pohon merupakan sebuah proyek warisan yang kenikmatannya dapat dirasakan sekian tahun kemudian. Mungkin oleh anak kita, cucu kita maupun kita sendiri. Pohon tertentu dapat hidup di segala cuaca, baik panas maupun dingin. Pohon dapat melindungi ekosistem di sekitarnya. Pohon dapat menyelamatkan kita dari kerusakan alam. Perusahaan yang melakukan tanam pohon saat ini, sudah mampu menciptakan warisan untuk dunia di lima hingga sepuluh tahun kedepan.

  • Perusahaan Dapat Turut Serta Mengurangi Emisi Karbon

Sesuai dengan target Pemerintah Indonesia, mengurangi 29% emisi karbon pada tahun 2030, perusahaan yang melakukan tanam pohon untuk memperingati ulang tahun perusahaannya, sudah pasti turut serta menyumbang bantuan pengurangan emisi karbon tersebut. Bahkan, The Nature Conservancy serta WRI memperkirakan bahwa, dengan menghentikan laju deforestasi, mengembalikan hutan, dan memperbaiki praktik kehutanan merupakan cara terefektif untuk mengurangi tujuh miliar metrik ton karbon dioksida per tahun, yang setara dengan emisi dari 1.5 miliar mobil.

  • Perusahaan Dapat Ikut Serta Mengembalikan Keoptimalan Fungsi Hutan

Perusahaan yang melakukan tanam pohon untuk merayakan ulang tahun perusahaan, dapat turut serta mengembalikan keoptimalan fungsi hutan bagi ekosistem di sekitarnya. Hutan melindungi makhluk hidup, hutan mencegah bencana alam, hutan memberikan keberkahan bagi sekitarnya. Perusahaan yang menanam pohon untuk umur barunya, akan diberikan keberkahan karena telah mengembalikan keoptimalan fungsi pohon di sebuah hutan.

  • Perusahaan Dapat Ikut Serta Mencegah Bencana Alam

Perusahaan yang melakukan tanam pohon untuk merayakan ulang tahun perusahaan, dapat turut serta mencegah bencana alam yang terjadi akibat hilangnya luasan lahan hijau di sebuah tempat. Salah satu fungsi pohon adalah mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir atau longsor. Perusahaan dapat menanam tanaman yang dapat mencegah terjadinya bencana alam seperti Vetiver atau Akar Wangi. Vetiver dapat ditanam menggunakan metode agroforestri yang merupakan sistem penggunaan lahan yang mengkombinasikan pepohonan dengan tanaman pertanian. Secara agroforestri, Vetiver dapat dikombinasikan dengan tumbuhan kayu putih, kenanga, pala dan sereh wangi. 

  • Citra Hijau Perusahaan Meningkat

Perusahaan yang melakukan tanam pohon untuk merayakan ulang tahun perusahaannya, secara tidak langsung meningkatkan citra hijau dari nama perusahaan itu sendiri. Perusahaan yang melakukan tanam pohon, sudah pasti turut serta berpartisipasi dalam konservasi lingkungan yang giat digalakkan para aktivis lingkungan hidup untuk memperbaiki kerusakan Bumi. Perusahaan yang melakukan tanam pohon juga turut serta meningkatkan kepedulian masyarakat untuk merawat lingkungannya dengan memberikan contoh baik dalam hal penghijauan. 

Peran Layanan Konservasi Lingkungan untuk Membantu Realisasi Ide Ulang Tahun Perusahaan Anda

Layanan konservasi lingkungan dibentuk untuk memudahkan perusahaan dalam menjalankan program kerja CSR, salah satunya dalam hal pelestarian lingkungan hidup. Selain itu, layanan konservasi lingkungan juga dapat membantu merealisasikan ide ulang tahun perusahaan anda salah satunya dalam kegiatan penanaman pohon. Layanan konservasi lingkungan memiliki beribu jaringan petani bibit dan lokasi penanaman. Perusahaan yang menggunakan jasa dari layanan konservasi lingkungan, selain turut serta membantu menghijaukan sebuah wilayah, secara tidak langsung juga turut serta membantu memberdayakan petani bibit dan menghasilkan kehidupan yang layak bagi petani tersebut.

Dengan peran berbagai relawan dan mitra yang dimilikinya, layanan konservasi lingkungan dapat membantu menyemarakkan ulang tahun perusahaan anda. (Intan Widianti Kartika PutriEcolify)

 

Ecolify merupakan platform konservasi lingkungan yang akan menghubungkan perusahaan, komunitas, organisasi, brand hingga individu, untuk bersama menghijaukan Indonesia dengan prinsip keberlanjutan dan transparansi. Kami akan selalu membuka peluang kolaborasi dan membantu meningkatkan inisiatif Tanggung Jawab Perusahaan anda. Mari, bersama menghijaukan Indonesia karena Bumi layak mendapatkan pemulihan terbaik dari inisiatif kolaborasi penduduknya. https://ecolify.org


Kategori

Lihat Cerita Lainnya

Ecolify.org For Future Worth Living
Ecolify.org For Future Worth Living Ecolify.org For Future Worth Living

Ecolify adalah platform yang memudahkan organisasi, instansi dan perusahaan untuk menjalankan projek sosial penanaman pohon secara transparan dan berkelanjutan.

Hubungi kami

email:
kartika[at]lindungihutan.com

wa / phone:
+62 813 2918 1389

location:
Jalan Lempongsari 1 No. 405, Semarang, Indonesia

legal info:
Keputusan MENKUMHAM NOMOR AHU-0003033.AHA.01.04.

Ikuti Kami

Ecolify.org For Future Worth Living     Ecolify.org For Future Worth Living     Ecolify.org For Future Worth Living

LindungiHutan c 2020 - made with conscience "for a future worth living"